Selamat pagi para penggemar programer/pengetik "wkwkwkwk" perkenalakan
name saya mahdiawan nurkholifah saya baru ni buat blog macam ni tau tak,
demi melaksanakan tugas yang di berikan dosen saya haru bisa membuat
blog seperti ini,
baiklah, , , , karna untuk pertama kalinya saya membuat blog saya akan menjelaskan program bahasa C yang judulnya " menghitung luas segitiga" . . . . . . . . .
haduh pagi-pagi udah bkin sakit kepala apalagi kondisi badan sedang tidak fit. . . . , ya namanya juga manusia pasti kalanya akan sakit gx selama nya kan sehat selalu ok para pengetik. . . . . . .
langsung saja ya ni pembahasan ane tentang MENGHITUNG LUAS SEGITIGA ;
JRENG. . .JRENG .. . .JRENG. . . .
Bahasa C adalah sistem program yang sangat sensitive jadi dalam penulisan/penngetikan akan berpengaruh seperti tanda baca, spasi, dan besar huruf dari program yang anda ketik.
Coba anda ketik ulang program berikut ke aplikasi notepad, , , , , , , eits jangan lupa jika anda merasa suntuk atau bosan silakan anda sediakan cemilan, minuman keras(es batu), jika anda perokok silakan merokok. . . .
this is text. . .
baik saya akan menjelaskan fungsi-fungsi program di atas :
Gambar 1.1
gambar 1.6
tanda {}
blok pernyataan untuk menuliskan intruksi atau argument perintah, disebut juga tubuh fungsi, harus di awalai buka kurung kurawal { dan di akhiri tutup kurung kurawal }. di antara kurung kurawal itu di tuliskan statmen-statmen program C.
tanda ;
baiklah, , , , karna untuk pertama kalinya saya membuat blog saya akan menjelaskan program bahasa C yang judulnya " menghitung luas segitiga" . . . . . . . . .
haduh pagi-pagi udah bkin sakit kepala apalagi kondisi badan sedang tidak fit. . . . , ya namanya juga manusia pasti kalanya akan sakit gx selama nya kan sehat selalu ok para pengetik. . . . . . .
langsung saja ya ni pembahasan ane tentang MENGHITUNG LUAS SEGITIGA ;
JRENG. . .JRENG .. . .JRENG. . . .
Bahasa C adalah sistem program yang sangat sensitive jadi dalam penulisan/penngetikan akan berpengaruh seperti tanda baca, spasi, dan besar huruf dari program yang anda ketik.
Coba anda ketik ulang program berikut ke aplikasi notepad, , , , , , , eits jangan lupa jika anda merasa suntuk atau bosan silakan anda sediakan cemilan, minuman keras(es batu), jika anda perokok silakan merokok. . . .
this is text. . .
Gambar 1.1
Tanda /*
merupakan bentuk barisan komentar multiple line
yang bisa anda tuliskan dengan
banyak karna komentar di dalamnya tidak akan di eksekusi atau di tampilkan saat menjalankan exe nya. Tanda ini diawali dengan /* maka di akhiri */.
seperti tampak gambar 1.1
Gambar 1.2
tanda //
ini juga merupan bentuk komentar untuk satu baris
lihat gambar 1.2
Gambar 1.3
#include merupakan salah
satu jenis pengarah praprosessor (praprocessor directive). Pengarah
praprosesor ini di pakai untuk membaca file yang di antaranya yang
berisi deklarasi fungsi dan definisi konstanta. beberapa file judul yang
di sediakan dalam C. dengan file file ini mempunyai ciri yaitu namanya
diakhiri dengan ekstensi .h.
Pada program #include <stdio.h> menyatakan kepada kompiler agar membaca file yang bernama stdio.h saat pelaksanaan kompilasi.
#include <stdlib.h>
adalah file dengan ekstensi .h
(*.h) yaitu file bantuan yang digunakan untuk menyimpan daftar-daftar fungsi yang akan digunakan
di dalam program. Yang di akses di file liblary stdlib.h.
lihat bentuk penulisan di Gambar 1.3
Gambar 1.4
#define dua 2
Interpretasi
potongan program di atas adalah melakukan deklarasi konstanta dengan simbol
nama dua untuk menggantikan (substitusi) angka 2. Selain untuk menggantikan
angka, dengan deklarasi konstanta, karakter dan string (kumpulan karakter) juga
dapat disubsitusi dengan suatu symbol nama.
Gambar 1.5
int
fungsi dari int adalah untuk type data bulat dalam bentuk desimal
(basiss 10) apabila ada karakter d, dan i. Bila karakter 0 untuk basis
oktal 8 tanpa di awali angka 0. karakter x, X untuk heksadesimal basis
16 tanpa di awali 0x dan 0X, format x untuk menampilkan hasil huruf
kecil dan X untuk menampilkan hasil huruf besar. karakter u menampilakan
bilangan bulat tanpa tanda.
main()
fungsi utama di dalam bahasa C fungsi ini yang pertama kali dilakukan
pada saat program di jalankan, fungsi ini hanya bisa di gunakan satu
kali dalam sebuah program.
void
untuk menampilkan pointet (alamat memory)
void
untuk menampilkan pointet (alamat memory)
gambar 1.6
tanda {}
blok pernyataan untuk menuliskan intruksi atau argument perintah, disebut juga tubuh fungsi, harus di awalai buka kurung kurawal { dan di akhiri tutup kurung kurawal }. di antara kurung kurawal itu di tuliskan statmen-statmen program C.
float
a, t, luasSegitiga;
Interpretasi
potongan program tersebut adalah melakukan deklarasi variabel sehingga
variabel
a, t dan LuasSegitiga yang memiliki tipe data float. Pernyataan di atas dapat juga dikatakan
bahwa a, t dan LuasSegitiga adalah variable
-variable float.
printf("Luas
Segitiga = %f \n",LuasSegitiga);
Interpretasi
potongan program di atas adalah:
A Pada layar akan
ditampilan kalimat Luas
Segitiga = .
B Simbol %f berarti
kalimat tadi diikuti dengan dengan bilangan bertipe float yang nilainya bergantung
dari nilai variabel LuasSegitiga.
printf("alas = ");
pada layar akan tampil bacaan alas=
scanf("%f",&a);
potongan program di atas yaitu:
a. Komputer
meminta/ menerima nilai yang akan dikonversikan menjadi nilai bertipe float (ditandai dengan simbol %f) dari user.
b.Simbol &a
berarti variabel a memiliki nilai sama dengan nilai input tadi
printf("tinggi = ");
pada layar akan tampil tinggi=.
scanf("%f",&t );
A. komputer akan meminta/menerima nilai yang di masukan user yang
akan di konversikan menjadi nilai bertipe float(di tandai simbol %f)
B. simbul &t berarti variabel t memiliki nilai yang sama dengan inputan.
luassegitiga = a*t/dua;
potongan program di atas adalah sistem rumus/ penugasan yang di
gunakan untuk mencari hasil luas segitiga. nilai a akan di kali nilai t
dan di bagi dua
printf(" luas segitiga = %f \n", luassegitiga);
A. pada layar akan tampil luas segiiga=.
B. %f\n, luas sehitiga adalah niali float yang hasil penugasan dari
rumus luas segitiga, berarti akan menampilkan hasil nilai yang telah di
tugaskan sebelumnya
system("pause");.
fungsi yang ada di liblary sdlib.h dan kegunaannya untuk menahan layar agar tidak cepat menghilang/kabur.
return (0);
kebalikan nilai dari fungsi main() 0. disebut juga dengan perintah penutup atau akhir sebegai intruksi.
tanda ;
sebagai tanda pemberhenti sebuah pernyataan yang di tuliskan lihat contoh di gambar pertama
tanda "
sebagai string penulisan konstanta
sekian
dan terimah kasih anda telah bersedia untuk membaca hasil penjelasaan
saya jika anda kurang mengerti silakan anda mencari referensi yang lain.
karna belajar itu tak perlu takut habis paket data.
No comments:
Post a Comment